Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

Blogger

Kandungan Zat Kimia Yang Ada Dalam Rokok Serta Efeknya

  Semua sudah tauya rokok dan bahaya merokok bagi kesehatan kita. Rokok adalah lintingan atau gulungan yang digulung atau di bungkus dengan kertas,daun atau kulit jagung sebesar kelingking dengan panjang 8 sampai 10 centi meter , biasanya dihisap seseorang setelah dibakar ujungnya. tapi taukah kalian  Zat berbahaya apa yang terkandung dalam rokok dan apa akibatnya bagi kesehatankita, ya mungkin diantara kita hanya tau TAR dan NIKOTIN saja tapi sebenarnya masih banyak lagi Zat berbaha lain yang terkandung dalam rokok. Peringatan tentang bahaya merokok sudah sering kita jumpai bahkan tertera dalam kotak rokok itu sendiri, mungkin kita tidak asing lagi dengan peringatan " merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan ganguan kehamilan dan janin "  semua orang hampir semua sudah tau tentang bahaya merokok tapi belum semua tau Zat -Zat apa saja yang terkandung dalam rokok. Berikut sebagian Zat Zat Kimia yang ada dalam rokok.

1. Nikotin
   Nikotin(C10H14N2) merupakan senyawa organic alkaloid, yang umumnya terdiri dari Karbon, Hydrogen, Nitrogen dan terkadang juga Oksigen. Senyawa kimia alkaloid ini memiliki efek kuat dan bersifat stimulant terhadap tubuh manusia. Contoh lain dari senyawa alkaloid ini misalnya, Kafein. Bagi pencinta kopi, tentu bisa merasakan effek stimulant dari kafein ini ketika meminum secangkir kopi di pagi hari.
 
Konsentrasi Nikotin biasanya sekitar 5% dari per 100 gram berat tembakau. Sebatang rokok biasanya mengandung 8-20 mg Nikotin, walaupun tentu saja, sangat bergantung pada merk rokok tersebut. Jika anda perokok, ketahuilah, tubuh kita menyerap 1mg Nikotin untuk satu batang rokok yang dihisap. 


Efek Nikotin bagi tubuh manusia
  • Psikologis – Seseorang perokok, karena ketagihan, tetap akan merokok dan merokok, walaupun sangat tahu akan bahaya merokok bagi dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.
  • Fisiologis – Para ahli syaraf menyatakan, karena merokok men-stimulus system syaraf sehingga si perokok merasa nyaman dan relax, maka si perokok akan mengulanginya lagi dan lagi demi mendapatkan perasaan nyaman tersebut.
 2.Tar
    Tar adalah bentukan dari senyawa kimia berbahaya yang ada pada asap rokok. Dimana zat ini akan mengendap didalam paru paru dan mengganggu fungsi rambut rambut kecil yang melapisi permukaan paru-paru. Rambut rambut kecil ini sangat berperan dalam menyaring bakteri dan kuman serta menghambat berbagai racun yang berusaha masuk kejaringan paru paru agar segera dilepaskan keluar tubuh.

Efek TAR bagi tubuh manusia

  • Dapat menyebabkan batuk yang tidak kunjung sembuh
  • Menyebabkan mudah lelah
  • Dapat menyebabkana dada terasa berat dan nyeri 
  • Kesulitan bernafas dengan normal
  • Dapat menurunkan kualitas sperma pada pria 
  • Memicu penyakit stroke    
   
 3.Sianida
    Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung (C=N), yang terdiri dari 3 buah atom karbon yang berikatan dengan atom hidrogen. Secara spesifik, sianida adalah anion CN-. Senyawa ini ada dalam bentuk gas, liquid dan solid, setiap senyawa tersebut dapat melepaskan anion CN- yang sangat beracun. Sianida dapat terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia dan memiliki sifat racun yang sangat kuat dan bekerja dengan cepat.

Efek Sianida bagi tubuh manusia
  
Jika seseorang terkena sianida dalam jumlah kecil, orang tersebut akan mengalami beberapa gejala seperti mual, muntah, sakit kepala, pusing, merasa gelisah, pernapasan cepat, denyut jantung cepat, dan tubuh terasa lemah. Meski begitu, tidak semua orang yang memiliki beberapa gejala ini berarti mengalami keracunan sianida.
Lain halnya jika seseorang sudah terkena sianida dalam jumlah besar. Ia bisa jadi mengalami denyut jantung yang melambat, hilang kesadaran, kejang, kerusakan pada paru-paru, tekanan darah rendah, dan mengalami gagal napas hingga menyebabkan kematian.

4. Metanol
  Metanol adalah sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. Meminum atau menghisap methanol mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.

5.Benzana
  Benzena dalam prakteknya banyak digunakan sebagai pelarut bahan kimia termasuk bensin. Keberadaan benzena dalam jumlah tertentu di dalam tubuh dapat menyebakan kanker darah.
Asap tembakau mengandung sejumlah besar benzena. Perokok bisa menghirup benzena dalam jumlah 10 kali lipat lebih banyak dari nonperokok.

6.Oksida Nitrogen
 
Kandungan rokok yang tidak kalah berbahaya adalah oksida nitrogen. Ia banyak ditemukan dalam knalpot mobil dan juga asap rokok. Tubuh kita sebenarnya memerlukannya dalam jumlah kecil untuk sebagai perantara sinyal antar sel.
Umumnya, tubuh kita menghasilkan sejumlah kecil notrogen oksida yang menyebabkan sedikit perluasan pada saluran pernafasan. Jika jumlahnya terlalu besar dapat menyebabkan:
  • Ketika seseorang merokok, zat ini akan memperluas saluran pernafasan menjadi lebih lebar sehingga nikotin dan bahan kimia lainnya menjadi lebih meudah terserap oleh paru-paru.
  • Ketika seseorang tidak merokok, akan menimbulkan kerutan pada saluran pernafasan yang bisa menyebabkan perokok sering mengalami susah nafas.
   itulah beberapa Zat kimia  berbahaya yang terkandung dalam rokok. jadi sebisa mungkin berhentilah merokok sebelum semuanya terlambat. Penyakit lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebisa mungkin kurangi jumlah porsi rokok dan jauhkan dariorang- orang yang tidak merokok karena perokok pasip lebih bahaya dari perokok aktip.

Dikutipdari:
http://www.sanglahhospitalbali.com
https://halosehat.com
http://www.alodokter.com
http://obatperokok.com

 


Kandungan Zat Kimia Yang Ada Dalam Rokok Serta Efeknya Reviewed by aaaaaaaaaaaaaa on 10/18/2017 10:10:00 am Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by HIBITECH © 2018 - 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.