Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

Blogger

Mutiara Hijau Harapan Pemuda

Gambar terkait   Mayoritas penduduk lampung barat bermata pencaharian sebagai petani mereka menggantungkan hidup dengan bekerja dikebun dan ladang masing masing setiap harinya. Mereka patut di acungi jempol karena semangat mereka yang tidak kenal lelah bekerja  dari mulai  belum terbit matahari mereka sudah pergi ke ladang, kebun atau sawah  masing masing. 
      Berkebun kopi merupakan mata pencaharian paporit petani lampung barat, sebagian besar masarakatnya pun menggantungkan hidup dari hasil kebun mereka. Berangkat pagi pulang malam hanya demi hasil yang melimpah saat nanti musim panen tiba. saya tidak bisa bayangkan bagaimana kecewanya mereka saat musim panen hasil yang mereka dapat tidak sesuai harapan mereka, ditambah lagi dengan harga yang turun. Hasil yang di dapat hanya bisa menutupi hutang yang ada sementara untuk biaya hidup sampai musim berikutnya lagi mereka harus berpikir keraslagi . Ini salah satu alasan kenapa kita masih menjadi salah satu dari desa terendah di lampung . 
   Mereka petani lampung barat yang tidak lain adalah orang tua kita sendiri manaruh harapan besar kepada kita anak anak meraka. Dari sebutir kopi mereka menaruh harapan agar kita anak anak mereka menjadi orang hebat orang yang berguna nantinya bukan malah menambah beban buat mereka . ada yang membuat saya sangat sedih dan meneteskan airmata ketika saya melihat mereka pulang bekerja sore hari dengan wajah yang letih , capek sementara waktu untuk beristirahat sangat singkat. 
  Ada dua rasa kecewa yang bisa saja dialami oleh para orang tua kita hususnya yang bekerja sebagai petani. Pertama saat musim panen gagal kedua saat kita anak anak mereka tidak jadi apa apa. yang kedua ini resa kecewanya luar biasa tapi mudah mudahan itu tidak terjadi . Kita harus mulai berpikir orang tua kita sudah susah jangan kita tambah susah. Saat kita minta kiriman uang dari kampung mereka selalukirim walaupun sebenarnya uang yang didapat hasil minjam tetangga tapi mereka tidak pernah ngomong dengan kita. inilah paktanya bahwa kopi yang dibanggakan lampung kopi lampung barat memiliki kisah perjuangan yang luar biasa sebelum sampai kedalam gelas dan dihidangkan diatas meja kita. Menjadi plajaran yang menarik sekaligus menjadi tangguang jawab yang besar buat kita pemuda lampung barat .
  
Mutiara Hijau Harapan Pemuda Reviewed by aaaaaaaaaaaaaa on 12/18/2017 11:12:00 am Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by HIBITECH © 2018 - 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.