Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

Blogger

Kebiasaan Atau Adat Yang Mulai Hilang

Hasil gambar untuk budaya gotong royong     Adat merupakan sesuatu harta yang mungkin tidak bisa di uangkan karena ini merupakan warisan berharga dari nenek moyang kita. Ada banyak sekali suku bangsa dan adat istiadat di negeri kita Indonesia mulai dari sabang sampai maroke. Namun sayangnya seiring berjalannya waktu tanpa kita sadari kita mulai kehilangan adat adat kita, kenapa ini bisa terjadi  ? dan siapa yang harus disalahkan ? . 
      Ini paktanya hilangnya adat dimulai dari orang tua zaman sekarang yang tidak mengajarkan budaya budaya nenek moyang kita , dan parahnya lagi orang tua sekarang kebanyakan tidak mengetahui banyak budaya sukunya sendiri miris bukan. kebanyakan dari anak sekarang sudah kemakan budaya barat yang merut saya itu tidak ada manfaaatnya sama sekali, kurangnya perhatian orang tua terhadap anak menjadi awal hilangnya adat dan budayakita. Ini beberapa adat yang mulai hilang di sekitar kita.

1. Bahasa Daerah
         Sudah banyak yang melupakan bahasa daerah, hal ini terlihat dari orang desa yang tinggal menetap dikota. Kebanyakan dari mereka melupakan bahasa daerah asal mereka. Mereka jarang menggunakan bahasa daerahnya dan mungkin tidak pernah digunakan dalam sehari hari , jadi semakin lama bahasa daerahnya dilupakan. Cara mengatasi agar bahasa daerah tidak hilang adalah dengan cara diwariskan kepada anak anak kita , sehingga mereka bisa meneruskan warisan nenek moyang kita berupa bahasa.

2. Interaksi Antar Tetangga
        Ini biasa terjadi di daerah perumahan perumahan  yang mayoritas masarakatnya orang orang baru. Kesibukan dari masing masing warganya menjadikan masarakatnya kurang mengenal satu dengan lainnya Ini tentu sangat disayangkan sekali. 

3.Gotong Royong 
     Gotong royong merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari gotong berarti "bekerja", dan royong berarti "bersama". Dulu kebiasaan ini sering di lakukan di pedesaan dan yang paling sering dikerjakan adalah bersih bersih kampung. Namun sekarang ini sudah jarang sekali di temukan kegiatan seperti ini di pedesaan apalagi di perkotaan. Kegiatan ini memiliki banyak nilai positipnya salah satunya adalah meningkatkan kerukunan antar masarakatnya. 
jadi sungguh disayangkan sekali kegiatan gotong royong ini dilupakan oleh masarakat sekarang.

  Itulah beberapa kebiasaan yang sudah mulai hilang di kehidupan kita sungguh sangat di sayangkan, kita harus kehilangan  apa yang sudah di warikan oleh nenek moyang kita. 
Kebiasaan Atau Adat Yang Mulai Hilang Reviewed by aaaaaaaaaaaaaa on 11/20/2017 03:31:00 pm Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by HIBITECH © 2018 - 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.